Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Sport Club Kota Wisata Cibubur    Living World Kota Wisata Cibubur    Land's End PIK 2    Pasir Putih Aloha PIK 2    Kuliner Cibubur    Tambuhak Bandung   

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan

Bagi Anda yang rutin bepergian ke Balikpapan, Kalimantan Timur; Bandar Udara yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau yang lebih dikenal sebagai Bandar Udara Sepinggan secara rutin digunakan untuk melayani penerbangan dan pendaratan pesawat dari dalam dan luar negeri.

Lokasi Bandar Udara ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Balikpapan, kurang lebih sekitar 5km saja yang dapat ditempuh dalam rata-rata 15 menit saja. Perlu diketahui, bahwa lalu lintas di Balikpapan tidak sepadat di Jakarta maupun kota-kota besar lain di Indonesia pada umumnya. Walaupun begitu, pagi dan sore hari merupakan jam sibuk Kota Balikpapan. Berangkatlah sedikit lebih awal pada jam-jam tersebut untuk mengantisipasi kemacetan agar Anda tidak ketinggalan penerbangan. 

Tercatat ada lebih dari 18 penerbangan menuju Bandar Udara ini dari dan menuju Jakarta (https://www.google.com/search?q=CGK+BPN&ie=utf-8&oe=utf-8). Penerbangan paling pagi dari Jakarta dimulai sekitar Pk. 5.00 pagi oleh maskapai Citilink dan ditutup oleh Garuda Indonesia pada Pk. 7.15 malam WIB. Sementara dari arah Balikpapan penerbangan paling pagi dimulai Pk. 06.00 oleh maskapai Lion Air dan ditutup oleh Garuda Indonesia pada Pk. 9.00 malam WIT. 

(sumber: http://www.sepinggan-airport.com/)
Apabila Anda pergi ke Balikpapan sebelum tahun 2014, maka besar kemungkinan Anda belum pernah menginjakkan kaki di bangunan terminal dan ruang tunggu keberangkatan bandara yang baru diresmikan pada tahun 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bangunan baru ini terletak persis di sebelah bangunan lama yang sudah tidak dipergunakan lagi. Bangunan baru ini berbentuk megah dan modern dibandingkan bangunan lama yang kental dengan ornamen-ornamen tradisional setempat. Hal ini disayangkan oleh berbagai pihak yang menginginkan agar Bandar Udara yang sempat dinobatkan sebagai Bandar Udara terbaik se-Indonesia ini tidak menghilangkan ciri khas budaya setempat. 

Bandar udara ini sedikit banyak memiliki kemiripan dengan bandar-bandar udara modern di dalam dan luar negeri, seperti Kuala Namu Medan dan Changi Airport Singapore. Seperti halnya Bandara Changi, ruang tunggu penumpang sebelum masuk ke gate berada di area publik sehingga penumpang dapat leluasa berjalan-jalan, berbelanja, menunggu di lounge sebelum boarding masuk ke pesawat. Hal ini agak berbeda dengan rancangan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta yang mengisolasi penumpang di dalam ruangan khusus sesaat sebelum keberangkatan; sehingga calon penumpang tidak leluasa untuk berjalan-jalan atau berbelanja sambil menunggu boarding.

Di ruang tunggu penumpang, anak-anak akan dimanjakan dengan aneka tempat bermain. Selain itu, terdapat area khusus tempat duduk anak-anak yang dilengkapi dengan Televisi Layar datar yang memutar berbagai film anak-anak. Hal ini tentunya sangat membantu untuk penumpang yang bepergian dengan anak-anak.

Apabila Anda lapar, tersedia resturant dan lounge yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil menuggu jadwal keberangkatan pesawat. Bagi Anda yang masih punya enerji yang cukup untuk berbelanjang, Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman menyediakan juga berbagai gerai yang menjual aneka pernak-pernik yang mungkin diperlukan di tempat tujuan atau selama di perjalanan. Tersedia juga berbagai gerai yang menjual oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang untuk sanak-saudara dan handai taulan.


(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi

Tempat Makan di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur

Gambar
Tempat Makan di Alternatif Transyogi Cibubur Nama : Gubuk Udang Situ Cibubur Alamat : Bumi Perkemahan & Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jawa Barat 16454, Indonesia (exit 13 Jagorawi dekat pom bensin) Sisi Jalan : Arah Cileungsi Menu : Seafood, Masakan Nusantara Jam buka : 10.00am-10.00pm Parkir Mobil : Luas Kisaran Harga : Telp : (021) 84394874, (021) 95291341 Instagram : @gubug.gudang Website Fasilitas : : http://www.gubugudang.com/ Free Wifi, Ruang VIP, Area Merokok Nama Alamat Sisi Jalan Menu Jam Buka Parkir Mobil Kisaran Harga Telp Website Fasilitas Instagram : :   : : : : : : : : : Popeye Louisiana Chicken, Cibubur Transyogi Jl. Alternatif Transyogi Cibubur KM 6, Nagrak, Gunung Putri, Bogor Arah Cileungsi Western Food, Classic Louisiana Meal Luas Rp40,000-100,000 15000 2 - Toilet, Mushola, Free Wifi @popeyes_indo Nama

Postingan populer dari blog ini

Berenang di Kolam Renang Sport Club Kota Wisata

Pirate Adventure Playground Pejaten Village Jakarta

Tempat Bermain Anak-anak di Cibubur (Plaza Cibubur)