Sport Club Kota Wisata Cibubur    Living World Kota Wisata Cibubur    Land's End PIK 2    Pasir Putih Aloha PIK 2   

Tips Liburan dengan Nyaman

Kali ini, saya ingin membagikan tips untuk liburan dengan nyaman; khususnya untuk Anda keluarga muda yang berwisata dengan anak-anak balita.

Buatlah Anggaran

Tentunya Anda tidak akan menghabiskan seluruh penghasilan/tabungan Anda untuk liburan bukan? Inti dari berlibur adalah untuk menyegarkan lagi (refresh) jiwa dan raga Anda dan keluarga. Pertimbangkan untuk mengunjungi tempat wisata yang "dekat-dekat saja" yang tidak akan menghabiskan banyak tabungan tetapi akan membuat Anda dan keluarga menjadi makin segar dan bersemangat sesudah liburan. Apabila uang Anda habis sesudah liburan, saya kira Anda akan merasa bahwa liburan itu tidak bermanfaat dan hanya menghabiskan banyak uang.

Berwisatalah sesuai kemampuan. Anak-anak, khususnya balita, pada umumnya tidak terlalu perduli apakah mereka berwisata ke disneyland atau hanya tempat bermain di dekat rumah; selama mereka dapat menemukan wahana permainan yang menarik yang dapat mereka mainkan. Sia-sia saja Anda menghabiskan banyak uang untuk pergi ke tempat wisata yang mahal apabila anak balita Anda belum dapat memainkannya atau bahkan tidak tertarik sama sekali. 
 

Rencanakan

Tips ini mungkin terdengar klise. Kalau Anda adalah seorang petualang dan hendak berlibur seorang diri; maka perencanaan mungkin tidak terlalu penting; toh semua resiko akan Anda tanggung sendiri dan semua masalah yang dijumpai dalam perjalanan justru akan menjadi petulangan batru bagi Anda.

Walaupun begitu, apabila Anda berlibur bersama anak-anak, khususnya yang masih balita, sebaiknya pastikan perjalanan Anda terencana. Liburan yang tidak terencana akan "menyiksa" anak-anak balita pada umumnya dan tentunya akan menyulitkan Anda sebagai orang tua. 

Tentukan kota mana yang akan Anda kunjungi dan lakukan reservasi untuk transportasi dan hotel jauh-jauh hari sebelumnya untuk memperoleh harga terbaik. Saya pribadi cukup terbantu dengan banyaknya fasilitas online reservation yang disediakan oleh agoda.com, booking.com, traveloka, kereta-api.co.id, dll.


Buatlah rencana perjalanan terutama di kota tujuan wisata Anda. Pelajarilah sarana-sarana transportasi publik yang tersedia di kota tujuan berikut rute dan biayanya. Apabila transportasi publik tidak tersedia atau kurang memadai, tidak ada salahnya Anda menyewa kendaraan selama liburan Anda. 

Tentukan rute perjalanan secara efisien agar Anda dapat menghemat ongkos sewa kendaraan (apabila Anda akhirnya memutuskan untuk menyewa). Walaupun begitu, jangan lupa untuk menyisipkan waktu ekstra untuk beristirahat karena khususnya apabila Anda membawa balita. Anak-anak balita biasanya tidak akan dapat menikmati perjalanan dengan rute yang ketat. Alih-alih melakukan refreshing, Anda dan balita justru tidak dapat menikmati sama sekali perjalanan.

Pelajari juga tempat tujuan wisata Anda, siapa tahu lokasinya terpencil sehingga Anda tidak akan dapat menemukan penjual makanan, toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, maupun fasilitas umum. Bawalah makanan, minuman, dan perlengkapan secukupnya Apabila Anda akan mengunjungi tempat wisata yang terpencil. 

Ajukan Cuti

Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan, jangan lupa untuk mengajukan cuti dan memperoleh persetujuan dari atasan Anda jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan sampai, Anda terpaksa harus membatalkan tiket dan kehilangan uang gara-gara cuti yang Anda ajukan di saat-saat terakhir ditolak oleh atasan Anda. 

Cek juga jadwal liburan Anak-anak. Bagi Anda yang masih memiliki Anak yang bersekolah di Playgroup atau TK; mungkin Anda dapat memintakan ijin untuk Anak-anak Anda agar diperbolehkan untuk berlibur selama beberapa hari di musim sekolah selama tidak terlalu mengganggu pendidikan Anak-anak Anda.

Bawa Bawaan  Secukupnya

Apabila Anda memiliki balita, tentunya Anda sudah hafal  betul tetek-bengek peralatan yang harus dibawa. Walaupun begitu, Anda tentunya tidak akan memindahkan seluruh perlengkapan balita Anda di rumah ke dalam travel bag Anda bukan? 

Stroller bayi/balita mungkin harus dipertimbangkan untuk dibawa supaya Anda tidak kelelahan harus menggendong bayi/balita Anda kesana kemari. Kalau Anda tidak punya stroller yang dapat dibawa dengan mudah, saat ini ada banyak toko-toko yang menyewakan peralatan tersebut secara harian/bulanan. Cobalah untuk browsing di Internet untuk menemukan toko-toko yang menyewakan stroller secara harian/bulanan.

Bawalah mainan untuk bayi/balita Anda secukupnya; terutama mainan yang dapat menenangkan balita Anda ketika rewel. 

Beberapa tempat penginapan mungkin tidak menyediakan handuk dan perlengkapan mandi. Bawalah handuk dan perlengkapan mandi secukupnya karena apabila Anda membeli perlengkapan tersebut di hotel atau tempat tujuan wisata Anda; harganya mungkin cukup mahal. 

Bawalah pakaian secukupnya dengan memberikan 1-2 ekstra untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 

Pastikan selalu ada ruang tersisa di tas Anda untuk membawa oleh-oleh sepulangnya Anda dari tempat wisata. 

Istirahatlah sebelum Berangkat

Hari yang ditunggu-tunggu akan segera tiba, tetapi apa jadinya kalau Anda atau anggota keluarga Anda sakit? Bergadang untuk mengepak barang juga tidak terlalu bijaksana karena keesokan harinya Anda tidak akan dapat menikmati perjalanan ke tempat wisata. Lakukan semua persiapan jauh-jauh hari dan beristirahatlah secara cukup agar tubuh Anda dan keluarga prima pada saat liburan. 

Berdoa

Anda tentu diajarkan untuk berdoa sebelum mengerjakan segala sesuatu. Tidak terkecuali sebelum berlibur. Berdoa akan membuat Anda pasrah atas apa yang sudah Anda rencanakan. Pasrah atas kehendak Tuhan untuk hal-hal yang akan terjadi dalam liburan Anda.

Bagi Anda yang takut bepergian, terutama takut terbang; berdoa akan membuat Anda menjadi pasrah berserah pada Tuhan sehingga Anda dapat menikmati liburan Anda dengan lebih baik tanpa harus cemas secara berlebihan karena semuanya sudah diatur oleh Tuhan.

Berfoto

Oleh-oleh termurah dari sebuah liburan adalah foto. Pastikan untuk mengambil foto tempat-tempat yang Anda kunjungi untuk mengisi album kenangan Anda kelak. Ambillah foto Anda bersama anggota keluarga sebanyak-banyaknya agar kenangan liburan Anda lengkap. Ambil beberapa foto yang hanya berisikan objek wisata (tanpa Anda dan anggota keluarga) kalau-kalau kelak Anda memerlukan foto tersebut untuk dipublikasikan atau diikutsertakan dalam suatu lomba.

Jangan malu-malu untuk mengambil foto dan tampak sebagai turis. Bukankah Anda memang sedang berlibur dan menjadi turis? Objek yang Anda foto mestinya berkesan untuk Anda; walaupun mungkin bagi orang lain (terutama warga setempat) adalah pemandangan yang biasa.

Belilah Oleh-oleh

Belilah oleh-oleh secukupnya. Kalau membeli makanan sebagai oleh-oleh, pastikan bahwa makanan tersebut masih dapat dimakan (belum kadaluwarsa) sepulangnya Anda dari liburan.

Bergembiralah (Bersyukur)

Apabila segala sesuatunya tidak berjalan lancar seperti yang Anda inginkan, tetaplah bergembira! Pesawat yang delay, orang yang merokok di dalam transportasi umum, petugas hotel/tempat wisata yang tidak ramah, (amit-amit) anak yang sakit, uang yang menipis, dll.; tentunya bukanlah hal yang Anda ingikan untuk terjadi selama liburan Anda.Walaupun begitu, apabila itu terjadi, tetaplah bergembira dan menikmati liburan Anda.

Kalaupun Anda terpaksa harus menghabiskan liburan Anda di kamar hotel sambil menunggu anak Anda yang sakit, nikmatilah! Kapan lagi Anda bisa bermalas-malasan sambil menonton TV tanpa harus memikirkan pekerjaan rumah tangga?

Dengan bergembira dan bersyukur Anda tetap dapat memperoleh manfaat dari sebuah liburan, yaitu kesegaran jiwa dan raga!

Berbagi

Sesudah liburan usai, Anda masih dapat meneruskan "momentum" positif dari perjalanan liburan Anda dengan berbagi. Selain buah tangan, bagikan juga pengalaman Anda berikut foto-foto liburan Anda dengan orang-orang terdekat.

Kalau Anda senang menulis, tulislah sebuah blog untuk membagikan kegembiraan tersebut pada lebih banyak lagi orang yang mungkin memerlukan informasi mengenai tempat yang baru Anda kunjungi.

Dengan demikian, liburan bukan hanya menjadi bemakna untuk Anda dan keluarga; tetapi juga bagi banyak orang yang dapat ikut menikmati perjalanan liburan Anda.

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi

Berenang di Kolam Renang Sport Club Kota Wisata

Gambar
Apakah Anda sudah punya rencana bersama keluarga pada akhir minggu ini? Kalau belum, berolahraga mungkin dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan bersama keluarga di akhir minggu. Selain meningkatkan kesehatan, olahraga juga dapat memberikan efek rekreasi dan membangun kebersamaan antar anggota keluarga. Baca Juga: Trans Studio Cibubur Dibuka Kembali untuk Umum Sport Club Kota Wisata Cibubur Salah satu alternatif tempat olahraga yang nyaman di kawasan Cibubur adalah Sport Club Kota Wisata yang menyediakan berbagai macam sarana olahraga baik untuk member maupun non-member . Di tempat ini pula, tersedia fasilitas kolam renang yang bersih dan nyaman. Sport Club yang berada di dalam Kompleks Perumahan Elit Kota Wisata ini dapat dengan mudah dijangkau dari arah Jakarta, Bekasi, maupun Depok. Dari arah Jakarta, Anda dapat memilih rute melewati Tol Jagorawi ke arah Bogor. Keluarlah di Gerbang keluar Cibubur/Cikeas/Cileungsi yang berada di Km. 13. Sesudah membayar tol, melajulah lur

Postingan populer dari blog ini

Pirate Adventure Playground Pejaten Village Jakarta

Berenang di Kolam Renang Sport Club Kota Wisata

Tempat Bermain Anak-anak di Cibubur (Plaza Cibubur)