Sport Club Kota Wisata Cibubur    Living World Kota Wisata Cibubur    Land's End PIK 2    Pasir Putih Aloha PIK 2    Kuliner Cibubur    Tambuhak Bandung   

Liburan Aman dengan Sertifikat CHSE


Liburan Aman dengan Sertifikat CHSE
Clean, Healthy, Safe, and Environmentally Sustainable


Pemerintah secara bertahap menurunkan level PPKM di sejumlah daerah yang sudah menunjukkan tingkat penurunan Covid-19 secara konsisten. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pelaku bisnis karena secara berangsur-angsur aktivitas masyarakat mulai berjalan normal sehingga perekonomian mulai berangsur-angsur membaik. 

Dengan turunnya level PPKM dan perekonomian yang berangsur membaik, kegiatan wisata masyarakat yang tidak terpenuhi selama pandemi Covid-19 mulai berangsur-angsur berjalan normal. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bukan hanya bagi masyarakat tetapi juga bagi para pelaku bisnis pariwisata. 

Walaupun begitu, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. Beberapa daerah di Indonesia dan juga beberapa negara di dunia masih bekerja keras mengatasi pandemi ini. Dengan demikian, unsur kehati-hatian dari seluruh elemen masyarakat masih diperlukan guna menuntaskan pandemi Covid-19. 

Sertifikasi CHSE

Pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), melakukan verifikasi, sertifikasi, dan pengawasan terhadap beberapa destinasi wisata termasuk hotel, restoran & rumah makan, tempat-tempat wisata, dan homestay/pondok wisata melalui program CHSE (Clean, Healthy, Safe, and Environmentally Sustainable).

Sertifikasi CHSE dimaksudkan untuk mendukung upaya Kementerian Kesehatan dalam memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum. Sebagaimana kita ketahui tujuan dari pelaksanaan protokol kesehatan adalah untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka mencegah terjadinya episenter atau kluster baru selama masa pandemi.

Dengan demikian, destinasi-destinasi wisata yang sudah menerima sertifikasi CHSE dapat dipastikan telah lolos penilaian dan verifikasi dari Pemerintah. Dengan demikian, masyarakat akan memiliki kepastian dan rasa aman ketika mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang telah memperoleh sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf.

Berikut ini adalah panduan yang dikeluarkan Kemenparekraf untuk lingkup CHSE yang akan menjadi dasar penilaian dan pengawasan. 

Liburan Aman dengan Sertifikat CHSE
Lingkup CHSE

Apakah Dijamin Aman? 

Masa berlaku sertifikasi CHSE adalah satu (1) tahun sejak dikeluarkan. Dengan demikian, pihak pengelola wajib mengajukan resertifikasi pada Kemenparekraf yang selanjutnya akan diikuti proses verifikasi ulang untuk memastikan bahwa ketentuan CHSE masih dijalankan secara konsisten oleh pengelola destinasi wisata. Resertifikasi ini tentunya akan memberikan tambahan rasa aman pada masyarakat karena pihak pengelola destinasi wisata akan secara terus-menerus memastikan tempat wisata yang dikelola selalu mematuhi ketentuan CHSE. 

Walaupun begitu, unsur kehati-hatian dari setiap elemen masyarakat masih tetap diperlukan. Hal ini disebabkan karena terkadang pelaksanaan harian di lapangan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dalam kondisi tersebut, judgement alias peniliaian dari masyarakat masih tetap diperlukan untuk mengantisipasi pelaksanaan prokes yang tidak sesuai ketentuan Pemerintah.
 

Bagaimana dengan Destinasi Wisata Lain?

Sertifikat CHSE akan membuat masyarakat lebih mudah dalam menentukan tempat liburan yang aman untuk keluarga. Walaupun begitu, apakah hal ini berarti destinasi wisata yang tidak/belum tersertifikasi CHSE tidak aman untuk dikunjungi? 

Ketika Anda mengunjungi destinasi wisata yang tidak/belum tersertifikasi CHSE, Anda harus melakukan peniliaian sendiri untuk memastikan bahwa destinasi wisata tersebut taat prokes dan sedikit banyak telah mengaplikasikan ketentuan CHSE. 

Sebagai panduan, Anda dapat mendownload "Verifikasi & Sertifikasi CHSE" seperti dipublikasikan oleh Kemenparekraf. Buatlah checklist sesuai dengan lingkup CHSE yang dijelaskan dalam panduan tersebut dan mulailah menjalankan verifikasi mandiri untuk memastikan destinasi wisata tersebut aman. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk berlibur secara aman, sekaligus juga mensukseskan program Pemerintah guna menuntaskan pandemi Covid-19 ini sesegera mungkin.

Selamat berlibur! 

Sumber: 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi

Tempat Makan di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur

Gambar
Tempat Makan di Alternatif Transyogi Cibubur Nama : Gubuk Udang Situ Cibubur Alamat : Bumi Perkemahan & Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jawa Barat 16454, Indonesia (exit 13 Jagorawi dekat pom bensin) Sisi Jalan : Arah Cileungsi Menu : Seafood, Masakan Nusantara Jam buka : 10.00am-10.00pm Parkir Mobil : Luas Kisaran Harga : Telp : (021) 84394874, (021) 95291341 Instagram : @gubug.gudang Website Fasilitas : : http://www.gubugudang.com/ Free Wifi, Ruang VIP, Area Merokok Nama Alamat Sisi Jalan Menu Jam Buka Parkir Mobil Kisaran Harga Telp Website Fasilitas Instagram : :   : : : : : : : : : Popeye Louisiana Chicken, Cibubur Transyogi Jl. Alternatif Transyogi Cibubur KM 6, Nagrak, Gunung Putri, Bogor Arah Cileungsi Western Food, Classic Louisiana Meal Luas Rp40,000-100,000 15000 2 - Toilet, Mushola, Free Wifi @popeyes_indo Nama

Postingan populer dari blog ini

Berenang di Kolam Renang Sport Club Kota Wisata

Pujasera Pak Edgar di Perumahan Legenda Wisata Cibubur

"Ice" Skating Sky Rink Cibubur Junction