Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Sport Club Kota Wisata Cibubur    Living World Kota Wisata Cibubur    Land's End PIK 2    Pasir Putih Aloha PIK 2    Kuliner Cibubur    Tambuhak Bandung   

Berwisata ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta Cibubur)

Pada tanggal 14-21 Agustus 2016 mendatang, bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, atau yang lebih dikenal sebagai Buperta, akan berlangsung acara Jambore Nasional. Perhelatan nasional yang akan dihadiri oleh Anggota Pramuka dari berbagai Provinsi di Tanah Air ini niscaya akan menjadikan area perkemahan yang terlihat sepi ini menjadi lebih semarak.

Baca Juga: Trans Studio Cibubur Dibuka Kembali untuk Umum!

Buperta berada di wilayah Jakarta Timur dan relatif cukup dekat dan mudah dicapai dari arah Jakarta (kurang lebih hanya 14-15km saja dari Cawang). Arahkan kendaraan roda empat Anda menuju Bogor melalui Tol Jagorawi, lalu keluarlah di Pintu Keluar Km. 13/Exit 13 (Cibubur/Cikeas/Cileungsi). Jangan kaget, walaupun area perkemahan ini terbilang sepi; tetapi jalan disekitar dan menuju area perkemahan ini sangat ramai dan macet, terutama pada sore hari dan akhir pekan. Tak heran, karena kawasan ini dipenuhi dengan berbagai perumahan yang berjajar di sepanjang Jalan Alternatif Cibubur sampai ke kawasan Jonggol/Cileungsi.

Baca Juga: Berwisata ke Taman Bunga Wiladatika Cibubur

Wisata ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta Cibubur)
Buperta (www.panoramio.com)

Harga karcis masuk Buperta untuk umum ketika artikel ini ditulis pada tahun 2016 adalah Rp 6000 di hari biasa dan Rp 7000 di akhir pekan. Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah (TK s/d SLTA) cukup membayar Rp 4000 di hari biasa dan Rp 5000 di akhir pekan. Anggota Pramuka yang akan melangsungkan kegiatan di sini cukup membayar Rp 3000 di hari biasa dan Rp 4000 di akhir pekan. Bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua, tarif parkir adalah Rp 5000 di hari biasa dan Rp 6000 di akhir pekan. Untuk kendaraan roda empat, tarif parkir adalah Rp 7000 di hari biasa dan Rp 9000 di akhir pekan. (Untuk mengetahui tarif tiket masuk dan parkir terkini, silakan kunjungi website Buperta di http://www.buperta.co.id/karcis.htm).

Area utama dan terbesar di dalam kompleks Buperta tentu saja adalah bumi perkemahan yang dinamakan Tapak Kemah. Dengan luas 80 hektar, Tapak Kemah terbagi dalam 10 bagian dengan luas masing-masing 8 hektar. Setiap bagian dilengkapi berbagai sarana seperti lapangan upacara, kamar mandi, alat penerangan, ponok pembina, pendopo, dll. Jalanan di dalam area perkemahan ini dibuat berliku-liku dan naik turun, cocok untuk kegiatan jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan. Keseluruhan area ini dapat menampung hingga 20,000 orang. Bagi Anda yang tidak mempunyai tenda atau peralatan perkemahan, Anda dapat menyewanya seharga Rp 350,000 per hari untuk tenda besar (kapasitas 30 orang) dan Rp 100,000 per hari untuk tenda ukuran sedang dengan kapasitas 10 orang. Informasi mengenai sarana dan tarifnya dapat dibaca di tautan berikut http://www.buperta.co.id/prasarana.htm.

Baca Juga: Berwisata ke Eldorado Waterpark Legenda Wisata Cibubur

Lapangan utama Buperta dengan luas 5 hektar dapat menampung hingga 20,000 orang. Lapangan ini dapat digunakan untuk aneka kegiatan seperti upacara, konser, rapat akbar, dll. Lapangan ini dapat disewa dengan harga Rp 1,500,000 mulai dari 06.00-17.00. Di malam hari, Anda perlu membayar lebih untuk sewa alat penerangan.

Wisata ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta Cibubur)
Taman Lalu Lintas Saka  Bhayangkara Buperta

Selain Area Perkemahan yang dapat digunakan untuk kegiatan umum maupun kepramukaan, Buperta juga menyediakan beberapa fasilitas olahraga dan wisata yang dapat dinikmati umum dengan harga yang relatif terjangkau. Sebagai contoh, bagi Anda yang mencari tempat untuk melangsungkan pertandingan sepakbola, Buperta menyediakan Lapangan Sultan dengan luas 2 hektar yang dilengkapi dengan satu (1) unit ruang ganti pakaian dan toilet. Harga sewa Lapangan Sultan adalah Rp 400,000 untuk empat (4) jam pertama dan selebihnya adalah Rp 150,000 per jam. 
Salah satu arena permainan favorit bagi anak-anak adalah Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Taman dengan luas 5 hektar ini dibangun dengan fasilitas jalan dan miniatur bangunan di Jakarta seperti Tugu Monas, Istana Negara, Rumah Ibadah, dan Gedung MPR/DPR RI. Di Taman ini, anak-anak akan belajar mengenai rambu-rambu lalu lintas, kelengkapan kendaraan, SIM, STNK, dll. Tersedia juga kendaraan yang dapat disewa (fun car) dengan harga yang cukup terjangkau, sepeda, dan naik kereta mengelilingi area ini.

Wisata ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta Cibubur)
Danau Cibubur (www.tempatwisatamu.com)

Bagi yang ingin bersantai-santai saja sambil menikmati pemandangan danau yang asri,  Anda dapat mengunjungi danau Cibubur yang berada di area perkemahan Buperta ini. Di danau ini, Anda dapat menyewa perahu bebek-bebekan dengan harga sekitar Rp 10,000-15,000 dan juga dapat menaiki perahu naga mengelilingi danau.

Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, masih ada sejumlah tempat menarik yang layak Anda kunjungi seperti kolam renang, lapangan bermain Aeromodelling Saka Dirgantara, arena bermain paint ball, mountaineering, dll. 

Baca Juga: Wisata ke Kampung Cina Kota Wisata Cibubur

Untuk Anda warga Jakarta, Cibubur, Cileungsi dan sekitarnya; Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka alias Buperta Cibubur ini layak Anda kunjungi. Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda dapat berekreasi sepuasnya di dalam kawasan yang masih hijau dan asri di sudut Timur Jakarta ini.

Semoga informasi ini berguna!

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

  1. Apakah Anda mengunjungi Buperta Cibubur baru-baru ini? Silakan bagikan pengalaman Anda di sini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Rekomendasi

Tempat Makan di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur

Gambar
Tempat Makan di Alternatif Transyogi Cibubur Nama : Gubuk Udang Situ Cibubur Alamat : Bumi Perkemahan & Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jawa Barat 16454, Indonesia (exit 13 Jagorawi dekat pom bensin) Sisi Jalan : Arah Cileungsi Menu : Seafood, Masakan Nusantara Jam buka : 10.00am-10.00pm Parkir Mobil : Luas Kisaran Harga : Telp : (021) 84394874, (021) 95291341 Instagram : @gubug.gudang Website Fasilitas : : http://www.gubugudang.com/ Free Wifi, Ruang VIP, Area Merokok Nama Alamat Sisi Jalan Menu Jam Buka Parkir Mobil Kisaran Harga Telp Website Fasilitas Instagram : :   : : : : : : : : : Popeye Louisiana Chicken, Cibubur Transyogi Jl. Alternatif Transyogi Cibubur KM 6, Nagrak, Gunung Putri, Bogor Arah Cileungsi Western Food, Classic Louisiana Meal Luas Rp40,000-100,000 15000 2 - Toilet, Mushola, Free Wifi @popeyes_indo Nama

Postingan populer dari blog ini

Berenang di Kolam Renang Sport Club Kota Wisata

Pirate Adventure Playground Pejaten Village Jakarta

Tempat Bermain Anak-anak di Cibubur (Plaza Cibubur)