Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Sport Club Kota Wisata Cibubur    Living World Kota Wisata Cibubur    Land's End PIK 2    Pasir Putih Aloha PIK 2    Kuliner Cibubur    Tambuhak Bandung   

Pengalaman Wisata ke Tugu Monas

Belum tahu mau kemana weekend ini? Kalau Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tidak ada salahnya Anda mencoba mengunjungi Monumen Nasional.

Monumen Nasional atau yang lebih dikenal sebagai Tugu Monas, berlokasi di Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat. Tidak sulit untuk menemukan Tugu kebanggaan warga Jakarta dan seluruh Bangsa Indonesia ini. Anda dapat menggunakan Waze, Google Maps, atau aplikasi penunjuk jalan lainnya untuk menemukan rute terbaik menuju Tugu Monas. 

Apabila Anda membawa kendaraan roda empat, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda menuju Parkiran IRTI Monas yang berada di sisi Jalan Medan Merdeka Selatan. Ketiklah "Parkiran IRTI Monas" pada aplikasi Google Maps atau Waze untuk menemukan rute terbaik menuju ke parkiran tersebut.

Monumen Nasional
Bagi saya, waktu terbaik untuk berjalan-jalan di Monas adalah di Minggu pagi, pada saat "Car Free Day".  Walaupun begitu, bagi yang membawa kendaraan, hindarilah jalan-jalan utama yang terkena Car Free Day, yaitu Thamrin dan Sudirman.

Pada Minggu pagi, Monas dipenuhi pengunjung yang hendak berolahraga maupun hanya yang sekedar melihat-lihat atau bersantai.

Di beberapa lokasi, Anda dapat mengikuti kegiatan senam yang dipandu oleh instruktur senam. Anda dapat juga melakukan jogging, baik di jalanan menuju Monas maupun di jogging track yang berada di taman di sekitar Monas. 

Selain senam dan jogging, Anda dapat juga membawa sepeda Anda dan sepeda mini si kecil untuk mengitari area Monas. Beberapa pengunjung juga bermain bola dan bulu tangkis di area tersebut. 

Bagi yang ingin bersantai-santai bersama rekan atau keluarga, Anda juga dapat membawa tikar dan bekal makanan untuk berpiknik di area Monas. Tentunya, Anda harus menjaga kebersihan, buanglah sampah bekas makanan/minuman di tempat sampah yang disediakan pengelola.

Pada dasarnya, Anda dapat banyak melakukan aktivitas di dalam area Monas selama tidak mengganggu pengunjung lain atau terlalu mendominasi lahan. 

Apabila haus atau lapar, ada sejumlah pedagang asongan (tidak banyak) yang menjual minuman dan makanan kecil. Sekali lagi, ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya apabila Anda makan/minum di area Monas.

Kegiatan di Monas
Apabila Anda hendak naik ke Tugu Monas, Anda harus mengantri di pintu masuk yang agak berjauhan dengan Tugu Monas. Lokasi pintu masuk dipisahkan dengan jalan dari Tugu Monas sehingga Anda harus melalui terowongan/underpass yang berada di bawah jalan di depan Monas setelah membeli tiket di pintu masuk ini.

Harga tiket masuk untuk dewasa adalah Rp. 5000 dan Rp. 2000 untuk anak-anak (pada tahun 2015). Untuk naik ke Tugu Monas, Anda harus menunggu hingga jam 8.00 pagi. Jam buka Monas adalah 8.00-16.00 pada hari biasa dan 8.00-17.00 pada hari Sabtu dan Minggu. 

Sesudah puas mengunjungi Monas, Anda dapat berkeliling area Monas dengan menumpang delman/andong yang berada di sekitar area Monas/Lapangan Merdeka.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Museum Nasional yang berada persis di depan Monas, di Jalan Medan Merdeka Barat. Tersedia juga City Tour Bus gratis yang mulai beroperasi pada jam 9.00 pagi, kecuali pada Car Free Day, yaitu Jam 12.00 siang. 

Antrian Masuk untuk Naik ke Monas
Bagaimana, menarik bukan? Wisata ke Monas cukup menyenangkan dan murah. Ada banyak fasilitas wisata yang dapat Anda nikmati tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Bahkan sejumlah fasilitas dapat Anda nikmati secara gratis.

Rawat dan gunakanlah fasilitas tersebut secara bertanggung jawab karena fasilitas tersebut adalah milik bersama dan agar kelak anak cucu kita dapat tetap menikmatinya dengan gratis.

(dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi

Tempat Makan di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur

Gambar
Tempat Makan di Alternatif Transyogi Cibubur Nama : Gubuk Udang Situ Cibubur Alamat : Bumi Perkemahan & Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jawa Barat 16454, Indonesia (exit 13 Jagorawi dekat pom bensin) Sisi Jalan : Arah Cileungsi Menu : Seafood, Masakan Nusantara Jam buka : 10.00am-10.00pm Parkir Mobil : Luas Kisaran Harga : Telp : (021) 84394874, (021) 95291341 Instagram : @gubug.gudang Website Fasilitas : : http://www.gubugudang.com/ Free Wifi, Ruang VIP, Area Merokok Nama Alamat Sisi Jalan Menu Jam Buka Parkir Mobil Kisaran Harga Telp Website Fasilitas Instagram : :   : : : : : : : : : Popeye Louisiana Chicken, Cibubur Transyogi Jl. Alternatif Transyogi Cibubur KM 6, Nagrak, Gunung Putri, Bogor Arah Cileungsi Western Food, Classic Louisiana Meal Luas Rp40,000-100,000 15000 2 - Toilet, Mushola, Free Wifi @popeyes_indo Nama

Postingan populer dari blog ini

Berenang di Kolam Renang Sport Club Kota Wisata

Pirate Adventure Playground Pejaten Village Jakarta

Tempat Bermain Anak-anak di Cibubur (Plaza Cibubur)